Fabel Adalah

Fabel adalah –┬áJenis cerita ada beragam dan salah satunya adalah fabel. Fabel merupakan cerita yang mengisahkan kehidupan hewan atau binatang yang berperilaku seperti manusia. Dalam kisah fiksi ini terkadang ada karakter pendukung seperti manusia akan tetapi kebanyakan tokoh yang digunakan adalah binatang. Selain itu, dalam cerita seperti ini biasanya mengandung nilai moral yang sangat tinggi.

Bintang yang digunakan dalam cerita fabel sering kali dipilih untuk menunjukkan atau mewakili suatu karakter dari sifat yang dimiliki oleh manusia. Dengan cara seperti ini pengajaran nilai moral dan karakteristik terhadap anak-anak bisa dilakukan dengan lebih mudah. Anak akan lebih tertarik dengan cerita tersebut dibandingkan dengan cerita yang menggunakan manusia sebagai karakter utama.

Ciri-ciri Fabel

Untuk membedakan antara cerita fabel dan jenis cerita lainnya, ada beberapa ciri-ciri dari cerita fabel. Seperti pada pengertiannya, cerita fabel adalah cerita yang memiliki tokoh utama binatang. Binatang tersebut bertingkah layaknya manusia dan sifatnya tersebut merupakan bentuk dari karakter atau juga kritik mengenai kehidupan. Alur ceritanya pendek dan sederhana namun karakter tokoh dijelaskan secara terperinci.

Secara gaya penceritaan dibuat secara lisan karena dulu kebanyakan fabel dan cerita-cerita lainnya memang dibawakan secara lisan. Sekali pun pesan dan tema tertera dalam cerita, penggunaan bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami. Ciri yang terakhir adalah isi cerita tersebut mengkritik sifat manusia serta keadaan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Rumah adat Jawa Timur

Struktur Cerita Fabel

Jika Anda tertarik untuk membuat cerita fabel maka Anda harus mengetahui struktur dalam membuat cerita tersebut. Bisa dikatakan struktur dalam cerita fabel cukup sederhana dan mudah untuk diikuti. Struktur fabel adalah sebagai berikut. Bagian atas adalah bagian judul yang merupakan kepala karangan yang memberikan gambaran umum mengenai isi cerita fabel.

Di bagian awal adalah bagian orientasi di mana merupakan bagian pengenalan seperti pengenalan tokoh atau karakter, tempat dan waktu. Kemudian bagian komplikasi yaitu bagian konflik atau masalah muncul di cerita. Bagian klimaks adalah puncak dari masalah sedangkan resolusi adalah merupakan bagian dari cerita di mana konflik akhirnya diselesaikan. Di bagian terakhir biasanya ada koda di mana pesan moral disampaikan meskipun tidak semua penulis mencantumkannya.

Jenis Cerita Fabel

Hingga saat ini, jenis cerita fabel hanya ada dua macam yaitu jenis fabel klasik dan fabel modern. Fabel yang berbentuk klasik adalah fabel yang sudah ada sejak zaman dulu dan asal mulanya sering kali tidak diketahui dan sering disampaikan secara turun temurun. Ciri dari fabel adalah memiliki cerita yang pendek, tema yang sederhana, penuh dengan moral dan sifat kebinatangannya masih sangat kental.

Baca juga: Macam macam energi dan contohnya

Salah satu cerita fabel klasik yang sangat melegenda dan masih banyak sekali diceritakan adalah cerita si kancil. Ada banyak sekali versi cerita si kancil yang bisa memberikan pengajaran. Misalnya kancil dan buaya, kancil dan harimau, kancil dan gajah dan masih banyak lagi. Bahkan saat ini cerita fabel klasik ini sudah dibuat versi animasi dengan berbagai versi dan dibuat lebih menarik.

Jenis fabel yang kedua adalah fabel modern yang memiliki konsep cerita lebih rumit dari fabel klasik. Penulis dari fabel modern ini lebih jelas dan bisa ditelusuri asal usulnya. Bentuk ceritanya pun tidak melulu pendek dan tidak sedikit juga cerita yang panjang. Tokoh dan karakter fabel adalah unik dan lebih mirip dengan manusia jika dibandingkan dengan bentuk fabel modern.

Artikel yang Direkomendasikan