6 Macam Energi dan Contohnya Lengkap

Macam macam energi dan contohnya

Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa lepas dari yang namanya energi, seperti energi untuk bergerak serta alat elektronik yang membutuhkan energi untuk menggunakannya. Energi tidak dapat di lepaskan dari manusia. Energi sendiri memiliki pengertian kekuatan atau daya yang digunakan untuk melakukan pekerjaan. Energi memiliki sifat kekal yang berarti tidak dapat dimusnakan atau diciptakan, tetapi hanya bisa dikonversi atau diubah ke dalam bentuk yang lain.

Contoh Perubahan Energi

  • Energi kimia menjadi energi cahaya, contohnya adalah lilin yang dibakar.
  • Energi gerak menjadi energi panas, contohnya terdapat pada kendaraan yaitu roda yang menghasilkan panas karena saling bergesekan sehingga dapat menghidupkan mesin.
  • Energi kimia menjadi energi gerak, contohnya terdapat pada kehidupan sehari-hari yaitu pada makanan yang dikonsumsi manusia sehingga manusia bisa berjalan dan melakukan banyak aktivitas.
  • Energi cahaya menjadi energi kimia, contohnya terjadi pada tumbuhan. Proses ini disebut fotosintesis karena tumbuhan menyerap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi zat bernutrisi.

Macam-Macam Energi

Mahkluk hidup di bumi memiliki energi yang paling besar yaitu energi yang dihasilkan oleh matahari. Selain bermanfaat untuk membantu tumbuhan dalam proses fotosintesis, matahari juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia seperti menghangatkan tubuh, mengeringkan pakaian, menghangatkan ruangan, membantu mengeringkan bahan makanan hasil pertania seperti cengkeh, kopi, padi dan sebagai pembangkit tenaga listrik.

1. Energi Bunyi

Energi bunyi dihasilkan dari getaran suatu benda yang merambat dengan melalui perantara udara. Pada umumnya semua benda yang bergetar menghasilkan bunyi, tetapi tidak semuanya terdengar. Semakin kuatnya getaran yang dihasilkan suatu benda, semakin keras atau besar juga energi bunyi terdengar. Suatu benda yang menghasilkan suara atau bunyi disebut sebagai sumber bunyi. Contoh dari energi bunyi yaitu bunyi yang dihasilkan oleh gendang. Semakin keras gendang dipukul, maka bunyi yang dihasilkan pun semakin besar.

2. Energi Mekanik

Energi mekanik biasanya dimiliki suatu benda karena memiliki sifat gerak. Energi mekanik dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik atau energi gerak adalah energi yang memiliki hubungan dengan pergerakan atau kemampuan suatu benda agar bisa bergerak dengan dibantu oleh energi. Kecepatan yang dihasilkan suatu benda tergantung dengan energi kinetik yang dikeluarkan. Contoh energi kinetik di dalam kehidupan sehari-hari yaitu laju sebuah mobil. Ketika mobil semakin cepat lajunya, maka tinggi juga energi kinetiknya.

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda terhadap kedudukan tertentu. Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua benda yang ada di permukaan bumi memiliki energi potensial. Contohnya bola yang dilemparkan ke atas akan turun balik lagi ke posisi semula yaitu permukaan bumi.

3. Energi Cahaya

Apakah kamu tahu lampu yang biasa kamu gunakan dirumah termasuk ke dalam energi cahaya? Energi cahaya dihasilkan gelombang elektromagnetik. Matahari merupakan energi cahaya terbesar, dan cahaya matahari dapat membantu sel surya dalam menghasilkan energi cahaya. Contoh energi cahaya yaitu matahari, lampu, lilin dll.

4. Energi Panas (Kalor)

Energi panas merupaka energi yang mampu mengubah perubahan zat maupun suhu pada benda. Contoh dari energi panas yaitu mendidihkan air pada api yang menyala.

5. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh adanya proses kimia. Contoh dari energi kimia yaitu baterai yang sudah mengalami proses kimia bisa digunakan untuk menyalakan barang seperti senter, dan aki yang telah melalui proses kimia.

6. Energi Nuklir

Energi nuklir dihasilkan oleh dua atom yang menyatu atau yang membelah dan akan menyebabkan perubahan inti atom yang menghasilkan energi yang sangat besar. Energi nuklir biasanya juga digunakan sebagai pembangkit listrik karena reaksi nuklir yang sangat besar. Contoh energi nuklir yaitu bom nuklir dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Demikian macam-macam dan contoh energi. Beberapa energi memiliki karakteristik dan ciri yang beraneka ragam. Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari energi. Energi minyak merupakan energi yang bisa habis jika digunakan secara terus menerus. Mulai saat ini, manusia harus menggunakan energi yang ramah lingkungan agar tidak merusak bumi beserta isinya.

Sumber: Situs IDN Poker

Artikel yang Direkomendasikan