Oleh Oleh Khas Semarang

Oleh Oleh Khas Semarang

Oleh oleh khas Semarang –┬áSemarang memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner. Sebab, memiliki banyak kuliner yang khas perpaduan antara cita rasa Jawa dan Tionghoa. Anda dapat menemukan banyak makanan unik dengan rasa khas yang hanya bisa didapatkan di Semarang.

Oleh Oleh Khas Dari Semarang

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membawa beberapa buah tangan sebagai kenang-kenangan telah berkunjung ke kota ini. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Semarang yang bisa Anda beli saat pergi ke kota ini.

1. Bandeng Presto

Semarang terkenal dengan olahan ikannya yaitu bandeng presto. Anda mungkin bisa menemukan bandeng presto di semua daerah. Namun, makanan dari Semarang ini memiliki keistimewaan sendiri sehingga tidak mungkin Anda tidak mencobanya.

Sebelum di presto, ikan bandeng segar diberi bumbu terlebih dahulu seperti kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Setelah itu diberi bumbu garam untuk memberikan rasa gurih.

Bandeng presto ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena dapat disimpan dalam waktu yang lama. Tulangnya yang lunak tidak akan terasa saat dimakan sehingga Anda tidak akan terganggu dengan durinya.

2. Lumpia Semarang

Belum lengkap berwisata ke Semarang tapi tidak membeli lumpia Semarang. Lumpia ini sangat lezat karena diisi dengan campuran ayam dan rebung. Lumpia asal Semarang dapat menjadi snack menemani waktu santai.

3. Kaos Costa Brava van Java

Tidak hanya membawa makanan, Anda juga bisa membawa oleh oleh souvenir khas Semarang. Salah satu souvenir yang bisa dibeli yaitu kaos Costa Brava van Java. Meski menggunakan nama asing, kaos ini merupakan desain asli anak Semarang, lho!

Costa Brava merupakan kota yang memiliki pantai cantik di Eropa. Oleh karena itu, penjajah Eropa menjuluki Semarang Costa Brava van Java untuk mengenang kota tersebut. Kaos dengan desain kota Semarang ini bisa Anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

4. Batik Semarang

Souvenir khas Semarang lainnya yaitu batik. Semang juga terkenal dengan batiknya yang memiliki beragam motif yang unik. Sebab, motif-motifnya diambil dari ikon-ikon khas Semarang seperti Tugu Muda dan lainnya.

Cek juga: Macam macam energi dan contohnya

5. Lontong Spekkoek Waiki

Jika Anda mencari jajanan kekinian, maka bisa mencoba lontong spekkoek ini. Pada dasarnya, kue ini merupakan inovasi dari jajanan tradisional spekkoek. Namun, dibuat menjadi bentuk lontong.

Bahkan, dibungkus menyerupai lontong sehingga dinamakan dengan lontong spekkoek. Anda harus mencoba makanan lezat ini dan membawa pulang sebagai oleh-oleh.

6. Wingkorolls

Beberapa tahun terakhir sempat booming kue artis. Di Semarang pun tidak ketinggalan kue dari Dewi Sandra yang bernama wingkorolls.

Kue ini merupakan inovasi baru dari jajanan tradisional wingko babat. Kuenya merupakan perpaduan antara kue lapis dengan adonan wingko yang dikemas dalam bentuk kue gulung.

7. Wife Cake

Kue artis lainnya yang bisa Anda coba yaitu wife cake dari Chelsea Olivia. Bentuk kuenya seperti pancake yang ditumpuk diberi krim dan pastry.

Terdapat beberapa varian rasa yang bisa Anda coba seperti lemon, choconut, green tea, cheese, dan chocomelt.

8. Ayam Tulang Lunak

Jika Anda kurang suka dengan ikan, maka bisa mencari olahan lainnya yang di presto. Di Semarang terdapat ayam yang di presto dan dinamakan ayam tulang lunak.

Anda bisa menikmati ayam dengan tulang yang telah lunak dilengkapi dengan bumbu rempahnya yang membuat olahan ayam ini menjadi semakin nikmat.

Itulah beberapa oleh oleh khas Semarang yang bisa Anda coba. Masih banyak oleh-oleh khas lainnya yang tidak kalah enak dan unik untuk dibawa pulang ke rumah.